Panduan BKK Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
i
Panduan BKK Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
ii
DAFTAR ISI
A. Cara Akses Siap Kerjo dan Registrasi Akun BKK .................................... 1
B. Setup Kompetensi Keahlian ...................................................................... 6
C. Pencarian Lowongan Kerja ....................................................................... 7
D. Menyusun Laporan .................................................................................... 9
H.1. Laporan Rencana Penempatan Tenaga Kerja Alumni ............................. 9
H.2. Menyusun Laporan Penempatan Tenaga Kerja Alumni ......................... 12
Panduan BKK Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
1
A. Cara Akses Siap Kerjo dan Registrasi Akun BKK
Terdapat 2 cara untuk mengakses Siap Kerjo, yaitu melalu PC / laptop atau
melalui aplikasi Siap Kerjo mobile yang bisa didownload melalui Google
Playstore. Berikut langkah-langkanya:
1. Untuk mengakses Siap Kerjo melalui PC / Laptop, buka browser internet
Anda kemudian ketik https://siapkerjo.semarangkab.go.id.
2. Sedangkan jika Anda memiliki ponsel berbasis Android, Anda dapat
mengunduh aplikasi Siap Kerjo mobile melalui Google Play Store. Buka
aplikasi Google Playstore dan ketik Siap Kerjo Kab. Semarang” pada
kolom pencarian.
Panduan BKK Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
2
3. Lakukan instalasi dengan tab tombol Install.
4. Setelah proses instalasi selesai, kini Anda dapat menggunakan semua
fitur Siap Kerjo.
Panduan BKK Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
3
Berikut langkah-langkah registrasi akun BKK:
1. Akses url https://siapkerjo.semarangkab.go.id/bkk/registrasi atau
melalui kotak dialog Login tab BKK klik link registrasi dibawah.
Panduan BKK Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
4
2. Selanjutnya, muncul form Registrasi BKK. Lengkapi data-data
registrasi.
3. Klik Simpan.
Panduan BKK Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
5
4. Selanjutnya, cek email yang telah Anda daftarkan. Baca instruksi yang
ada di dalam email.
5. Tunggu hingga akun Anda diverifikasi oleh admin Siap Kerjo. Setelah
mendapatkan email dari admin Siap Kerjo bahwa akun telah diverifikasi,
Anda dapat Login menggunakan username: email yang sebelumnya
telah didaftarkan dan password yang diinformasikan di dalam email.
Panduan BKK Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
6
B. Setup Kompetensi Keahlian
Setup kompetensi keahlian digunakan untuk menyusun Laporan Rencana
Penempatan Tenaga Kerja Alumni dan Laporan Penempatan Tenaga Kerja
Alumni.
Berikut langkah-langkahnya:
1. Klik menu Setup Kompetensi Keahlian.
2. Muncul halaman Master Kompetensi Keahlian. Klik tombol Tambah
Data.
3. Selanjutnya, muncul form Tambah Master Kompetensi Keahlian. Ketik
nama kompetensi pada kolom yang tersedia. Kolom isian Nama
Panduan BKK Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
7
Kompetensi Keahlian akan memberikan sugesti sesuai dengan huruf
yang Anda ketikkan. Anda tinggal klik untuk memilih.
4. Klik Simpan. Dengan langkah yang sama tambahkan kompetensi
keahlain lain yang ada di sekolah Anda.
C. Pencarian Lowongan Kerja
BKK dapat memanfaatkan fitur pencarian lowongan kerja yang mana untuk
selanjutnya lowongan kerja tersebut dapat dibagikan/share ke alumni yang
ingin bekerja atau belum mendapatkan pekerjaan. Berikut langkah-
langkahnya:
1. Klik menu Pencarian Lowongan Kerja.
Panduan BKK Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
8
2. Berikutnya, akan disuguhkan halaman daftar lowongan yang tersedia di
aplikasi Siap Kerjo.
3. Klik tombol Detail untuk melihat informasi lowongan pekerjaan secara
lebih rinci.
Panduan BKK Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
9
4. Dapat juga menggunakan fitur filter untuk mendapatkan lowongan
pekerjaan dengan kriteria tertentu.
D. Menyusun Laporan
H.1. Laporan Rencana Penempatan Tenaga Kerja Alumni
Berikut langkah-langkah menyusun laporan rencana tenaga kerja
alumni:
1. Klik menu Laporan Laporan Rencana Penempatan Tenaga
Kerja Alumni.
2. Setelahnya, muncul halaman Master Laporan Rencana
Penempatan Tenaga Kerja.
Panduan BKK Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
10
3. Klik tombol Tambah Master Laporan Rencana Penempatan
Tenaga Kerja dan lanjutkan dengan menentukan Tahun Laporan
Rencana Penempatan Tenaga Kerja Alumni.
4. Klik Simpan. Selama proses penyusunan dan laporan belum
dikirim ke Disnaker Kab. Semarang, maka Status laporan adalah
Proses Penyusunan.
5. Klik Detail Laporan. Pada halaman selanjutnya, klik tombol
Tambah Laporan Rencana Tenaga Kerja.
Panduan BKK Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
11
6. Lengkapi form Tambah Laporan Rencana Tenaga Kerja Alumni
dan klik Simpan.
7. Dengan langkah yang sama Anda tambahkan data Laporan
Rencana Tenaga kerja yang lain.
8. Laporan Rencana Tenaga Kerja dapat dilaporkan ke Disnaker Kab.
Semarang dengan mengklik tombol Kirim Laporan ke Dinas.
Setelah dikirim, laporan akan terkunci dan tidak dapat diubah/edit.
Panduan BKK Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
12
H.2. Menyusun Laporan Penempatan Tenaga Kerja Alumni
Berikut langkah-langkah menyusun laporan penempatan tenaga kerja:
1. Klik menu Laporan Laporan Penempaatan Tenaga Kerja
Alumni.
2. Setelahnya, muncul halaman Master Laporan Penempatan
Tenaga Kerja.
3. Klik tombol Tambah Master Laporan Penempatan Tenaga Kerja
dan tentuan Tahun Laporan Penempatan Tenaga Kerja.
Panduan BKK Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
13
4. Klik Simpan. Selama proses penyusunan dan laporan belum
dikirim ke Disnaker Kab. Semarang, maka Status laporan adalah
Proses Penyusunan.
5. Klik Detail Laporan. Pada halaman selanjutnya, klik tombol
Tambah Laporan Penempatan Tenaga Kerja.
6. Lengkapi form Tambah Laporan Penempatan Tenaga Kerja dan
klik Simpan.
7. Dengan langkah yang sama Anda tambahkan data Laporan
Penempatan Tenaga kerja alumni yang lain.
Panduan BKK Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
14
8. Laporan Rencana Tenaga Kerja alumni dapat dilaporkan ke
Disnaker Kab. Semarang dengan mengklik tombol Kirim Laporan
ke Dinas. Setelah dikirim, laporan akan terkunci dan tidak dapat
diubah/edit.